Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

RI Kecam Pemukulan Wasit oleh Polisi Malaysia

Written By Syafrein Effendiuz on 29/08/07 | Rabu, Ogos 29, 2007

JAKARTA--MIOL: Departemen Luar Negeri mengaku telah menempuh jalur hukum dan mengajukan protes keras terhadap Kepolisian Diradja Malaysia terkait pemukulan oleh polisi negara itu terhadap wasit karate Indonesia Donald Luther Colopita.

"Kami sudah mengambil langkah hukum sesuai prosedur yang ada. Bagi Deplu, insiden ini menjadi sorotan khusus mengingat korban merupakan tamu negara Malaysia yang seharusnya diperlakukan dengan hormat," ujar juru bicara Deplu Desra Percaya di Jakarta, Senin (27/8).

Insiden itu bermula ketika Donald dan wasit lainnya selesai mengikuti technical meeting Kejuaraan Karate Asia, Kamis malam hingga Jumat dini hari (24/8).

Karena masih terlalu pagi, saat itu sulit mendapatkan taksi untuk kembali ke hotel. Donald pun memilih jalan kaki ke hotel yang berjarak sekitar 1 kilometer dari tempat pertemuan.

Dalam perjalanan tiba-tiba Donald didatangi polisi setempat yang langsung menghajarnya. Akibatnya, Donald mengalami cedera dan kini dirawat intensif di Rumah Sakit Tunku Jafaar, Saremban, Negeri Sembilan, Malaysia.

Atas insiden tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Forki Luhut Pandjaitan Indonesia memutuskan menarik kontingen Merah Putih dari kejuaraan karate yang diikuti 32 negara itu.

Luhut juga bertekad membawa permasalahan tersebut ke Federasi Karatedo Dunia (WKF). (Jer/Ol-03/Media Indonesia)