Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Gus Dur Optimistis Jadi Capres

Written By Syafrein Effendiuz on 24/11/08 | Isnin, November 24, 2008

JAKARTA--MI: Ketua Umum Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) optimis bisa maju sebagai calon presiden pada 2009.

"Saya optimistis. Kami telah berhasil mendapatkan dukungan dari kyai-kyai di kampung. Mereka yang mengarahkan kepada masyarakat untuk mendukung saya sesuai dengan keharusan untuk memakmurkan bangsa," kata Gus Dur di Jakarta, Minggu (9/3).

Mantan presiden itu juga optimis niatnya untuk maju sebagai capres tidak akan terganjal lagi seperti pada pemilihan presiden 2004. "Insya Allah, KPU-nya tidak akan berjalan seperti kemarin, tidak ada penjegalan lagi," katanya.

Namun, lanjutnya, jika masih saja terjadi upaya penjegalan, maka itu berarti melanggar Undang-Undang Dasar (UUD). Bukan itu saja, kata Gus Dur, rakyat pasti juga akan marah.

"Kalau mereka tetap menjegal, rakyat akan demo dan merebut Istana Presiden. Rakyat itu sudah sampai di leher jengkelnya," katanya.

Sementara itu Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (PPKB) menyatakan siap mengantar Gus Dur untuk menjadi orang nomor di republik ini pada pilpres nanti.

Setidaknya ada dua hal pokok yang bakal dilakukan PPKB. Pertama, mengawal UU Pilpres 2009 yang bakal dibahas DPR agar tidak terjadi multitafsir mengenai klausul kesehatan.

"Kedua, menegaskan IDI untuk tidak ikut campur dalam masalah ini. Karena masalah ini adalah domain KPU saja. Biarkan rakyat yang menentukan. Karena suara rakyat adalah suara Tuhan," kata Ketua Umum PPKB, Badriyah Fayumi.

Sayap pemuda PKB, Garda Bangsa, menyatakan akan mengerahkan massa besar-besaran jika Gus Dur diganjal menjadi capres.

"Sekaligus ini menjadi pelajaran. Jika seorang Gus Dur yang dikenal sebagai bapak anti diskriminasi malah diperlakukan diskriminatif terhadap persoalan itu," kata Ketua DKN Garda Bangsa Junaedi. (Ant/OL-06/Minggu, 09 Maret 2008 22:40 WIB)

Sumber: Media-Indonesia.com untuk tujuan dokumentasi. Pautan:Majalah.Dompas.net, Dompas Network, Guided-Info.com, UsahawanInternet.com, dan Artikel Sentral. Dia juga mengelola beberapa blog: Catatan Sekilas, Perkahwinan, Tokoh, Usahawan Maya, Cyber Ilmu, Riau, Banners to click!, My Biz Online, i-chargezeromax.com, manggis.info,