Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Written By JOM JALAN on 26/09/04 | Ahad, September 26, 2004


Sukma Ayu Telah "Pergi" Hari Ini
Laporan : Ati Kamil
Jakarta, KCM
Melalui siaran langsung TV7 yang bekerjasama dengan tabloid Star, tampak di ruang perawatan milik keluarga H Yusa Biran dan Nani Wijaya, artis sinetron Sukma Ayu sudah tak berdaya pada Sabtu pagi (25/9).
Artis senior Nani Wijaya yang juga ibunda Sukma tampak tabah melihat kondisi putri bungsunya itu. Dari mulut Nani maupun anggota keluarga lainnya terdengar lafal La ila ha Ilallah diucapkan berulang-ulang untuk menyadarkan Sukma sekaligus untuk menuntunnya menjemput Sang Khaliq.
Upaya yang telah dilakukan keluarga untuk menyembuhkan dan menyadarkan Sukma sepanjang lima bulan kini telah berakhir.
Tepat pukul 14.10 WIB, dokter keluarga H Misbach Yusa Biran--dokter H Sutarman--memberi pernyataan resmi bahwa artis sinetron Sukma Ayu telah meninggal dunia.
Sebetulnya, ucap dokter H Sutarman, ketika diperiksa secara manual (hanya memegang denyut nadi), Sukma Ayu telah meninggal pada Sabtu (25/9) pukul 10.30 WIB. Namun, karena H Misbach selaku orang tua Sukma ingin diyakinkan, maka didatangkanlah alat cardiomonitor untuk memonitor denyut jantung Sukma.
Setelah dedeteksi dengan alat tersebut, pada pukul 13.54 WIB, Sukma Ayu resmi dinyatakan meninggal. Penyebabnya menurut Sutarman, adalah serangan pada syaraf-syaraf inti otak yang makin meluas, sehingga mempengaruhi kondisi organ tubuh Sukma.
Menurut pihak keluarga, Sukma dibawa pulang dari rumah sakit Medistra Jakarta (rumah sakit yang merawat Sukma sepanjang sakitnya) pada Jumat (24/9) pukul 23.00 WIB dalam keadaan koma menuju rumah keluarga Sukma Ayu di Jalan Besakih VII nomer 15 dan 17, Bukit Sentul, Kabupaten Bogor, Jabar. Namun, menurut Sutarman, kondisi Sukma saat dibawa pulang tidak begitu mengkhawatirkan.
"Sukma baru kritis pada Sabtu pagi," tutur Sutarman kepada wartawan di kediaman Sukma Ayu.
Artis sinetron Kecil-kecil Jadi Manten itu mengalami koma sejak 9 April 2004. Hingga akhir hayatnya, artis berusia 24 tahun tersebut tak sadarkan diri dengan kondisi tubuh naik turun.
Beberapa artis tampak melayat, di antaranya Mutiara Sani, B’jah, sejumlah finalis KDI yang memang kebetulan sedang acara di sentul, dan Cut Keke.
Menurut rencana, jenazah akan dimakamkan hari ini, Sabtu (25/9) di pemakaman Al Ikhya, Ciomas, Kabupaten Bogor setelah shalat ashar. (jy)