Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Gubernur Riau Bantu Korban Gempa & Tsunami Aceh

Written By Syafrein Effendiuz on 31/12/04 | Jumaat, Disember 31, 2004

Metro Pekanbaru
Jum'at, 31 Desember 2004 08:20
Gubri Serahkan Bantuan Rp1 Miliar

PEKANBARU - Gubernur Riau HM Rusli Zainal, kemarin, menyerahkan langsung bantuan berupa uang tunai sebesar Rp1 miliar ditambah bantuan berupa makanan dan obat-obatan untuk korban gempa dan tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Bantuan itu diterima secara simbolis oleh Wakil Gubernur NAD H Azwar Abu Bakar, di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh

“Jumlah bantuan yang akan kita salurkan untuk korban gempa dan tsunami ini sekitar Rp2 miliar, termasuk makanan dan obat-obatan yang nantinya akan kita distribusikan ke Aceh bekerja sama dengan TNI AU, menggunakan pesawat Hercules,” kata Gubri HM Rusli Zainal kepada wartawan usai menyerahkan bantuan.

Gubri dan istri Dra Hj Septina Primawati Rusli serta rombongan tiba di pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda Aceh sekitar pukul 10.40 WIB, setelah bertolak dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru pukul 8.25 WIB, menggunakan Riau Air Lines (RAL)

Turut bersama rombongan Gubri, Wakil Gubernur Riau H Wan Abu Bakar, MS, Ketua DPRD Riau drh H Chaidir, MM, Wakil Ketua DPRD Drs H Djuharman Arifin, Apt, Asisten III Dra Hj Tiolina Pangaribuan, Kepala BKS Riau Drs T Fadil Jaafar, Direktur RSUD dr H Taswin Yacob, Ketua PMI Riau H Tengku Lukman Jaafar dan Kepala Biro Kesra h Nazaruddin, SH,MH

Dikatakan Gubri, selain menyerahkan bantuan uang tunai, makanan dan obat-obatan, pihkanya juga mengirim 4 dokter, 4 perawat, 1 unit ambulance dan 30 anggota Satuan Polisi Pamong Praja. “Kita juga berharap kepada masyarakat Riau untuk terus memberikan bantuan, karena kondisi masyarakat Aceh pasca bencana sangat membutuhkan bantuan,” ujar Gubri

Sementara itu Direktur RSUD Pekanbaru dr Taswin Yakob menjelaskan, 8 tenaga medis yang tergabung dalam tim Brigade Siaga Bencana (BSB) akan ditugaskan selama seminggu yang akan diperbantukan di Sigli. Setelah seminggu tim tersebut akan diganti dengan tim yang baru.

Keempat dokter yang dikirim adalah dr Kisman (ahli bedah tulang), dr Mardiansyah (dokter umum), dr Yuswita (umum) dan dr Ina Ferida (umum).

“Selain tenaga medis, juga dikirimkan obat-obatan dari RSUD Pekanbaru sebanyak 3 koli dan bantuan dari Diskes Riau sebanyak 3 koli serta bantuan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pekanbaru sebanyak Rp10 juta,” terang Taswin.

Gubri dan Rombongan, usai menyerahkan bantuan, berkesempatan megunjungi korban gempa di Kota Banda Aceh, menggunakan bus.

Berdasarkan pantauan, hingga kemarin Kota Banda Aceh masih lumpuh. Yang terlihat hanya aktivitas sejumlah aparat TNI dan kepolisian bersama warga mengevakuasi mayat. Beberapa unit eskavator tampak pula membersihkan reruntuhan bangunan

Warga tampak berkumpul di tenda-tenda darurat, masjid dan gedung-gedung sekolah. Di berbagai tempat sejumlah aparat terlihat sibuk menguburkan mayat yang telah membusuk secara massal .(zw)