Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

[Republika Online] Ibukota Maladewa Hancur

Written By JOM JALAN on 27/12/04 | Isnin, Disember 27, 2004

Republika Online : http://www.republika.co.id
27 Desember 2004  8:14:00
Ibukota Maladewa Hancur

New Delhi-RoL-- Negara kecil Maladewa di tengah Samudera Hindia menjadi salah satu korban terparah hantaman gelombang Tsunami, Ahad(26/12), dengan dua pertiga ibukotanya, Male, hancur total.


Kantor berita India, PTI, Senin melaporkan, PM India Manmohan
Singh, telah menawarkan pemberian bantuan apapun kepada negara itu saat berbicara lewat telepon dengan Presiden Maladewa Maumoon Abdul Gayoom.


Gelombang pasang raksasa menerjang ke atas wilayah daratan Male, selain menyapu sejumlah pulau kecil di negara yang terpencil di tengah samudera luas tersebut. Belum ada laporan mengenai angka korban.


Selain kepada Maladewa, PM India tersebut menawarkan pula bantuan kepada negara-negara lain yang juga terserang bencana alam gelombang yang ditimbulkan oleh gempa bumi yang terjadi di bawah laut di dekat Meulaboh, Aceh.


Negara-negara yang ditawari bantuan oleh New Delhi itu adalah Indonesia, Sri Lanka dan Thailand. Bantuan ditawarkan secara tertulis lewat surat kepada masing-masing kepala negara, demikian  PTI.


"Saya telah mengirimkan pesan simpati kepada presiden-presiden Maladewa, Indonesia, Sri Lanka dan kepada PM Thailand," kata PM Singh.


"India siap membantu negara-negara sahabat ini, jika sekiranya bantuan kami diperlukan," kata pemimpin India tersebut sebagaimana dikutip PTI. ant/fif




Berita ini dikirim melalui Republika Online http://www.republika.co.id
Berita bisa dilihat di : http://www.republika.co.id/asp/koran_detail.asp?id=182244&kat_id=248