Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

[Republika Online] Presiden Umumkan Hari Berkabung Nasional

Written By Syafrein Effendiuz on 27/12/04 | Isnin, Disember 27, 2004

Republika Online : http://www.republika.co.id
27 Desember 2004  8:10:00
Presiden Umumkan Hari Berkabung Nasional

Jakarta-RoL-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jayapura, Senin, mengumumkan Hari Berkabung Nasional menyusul terjadinya gempa yang menyebabkan tsunami di Nangroe Aceh Darusslam (NAD) dan Sumatera Utara (Sumut) yang menyebabkan ribuan orang tewas.


"Mengingat besarnya korban jiwa dan skalanya, maka saya tetapkan sebagai Hari Berkabung Nasional selama tiga hari. Kita akan menaikkan bendera setengah tiang," kata Presiden kepada pers sesaat sebelum meninggalkan Jayapura menuju Lokseumawe dan Medan untuk meninjau langsung daerah bencana di dua provinsi itu.


Penetapan Hari Berkabung Nasional itu dilakukannya satu hari setelah Kepala Negara menetapkan bencana alam di kedua provisni itu sebagai bencana nasional.


Presiden kembali mengimbau kepedulian seluruh rakyat Indonesia untuk membantu para korban bencana alam di NAD, Sumut dan daerah lain yang juga tertimpa bencana.


"Mari kita bekerja untuk meringankan beban saudara-saudara kita seperti Nabire, Alor dan daerah bencana sekarang ini," kata Presiden.


Kepala Negara juga menyatakan harapannya agar bangsa Indonesia, terutama mereka yang terkena bencana agar dapat menghadapi musibah itu dengan kuat, sabar, gigih dan tetap dalam kebersamaan.


Presiden, Senin, langsung berangkat menuju NAD dan Sumut dari Jayapura, Papua untuk meninjau secara langsung kondisi lapangan menyusul terjadinya gempa yang disertai tsunami yang telah menewaskan ribuan warga di kedua wilayah itu.


"Sambil memastikan bahwa sistem nasional kita berjalan, maka kami putuskan untuk membatalkan kunjungan ke Ambon. Saya juga tidak akan kembali ke Jakarta dulu. Saya akan langsung menunju ke daerah bencana, Medan dan Aceh," kata Presiden.


Kepala negara dan rombongan meninggalkan Jayapura pukul 08.20 WIT dilepas oleh Gubernur Papua J.P. Salosa dan jajaran muspidanya.


Menurut Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi rombongan berangkat menuju Lhokseumawe dan Medan melalui Makassar dan Batam. ant/fif




Berita ini dikirim melalui Republika Online http://www.republika.co.id
Berita bisa dilihat di : http://www.republika.co.id/asp/koran_detail.asp?id=182243&kat_id=23