Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Kantor Gubri Direhab Rp14 M

Written By Syafrein Effendiuz on 28/08/04 | Sabtu, Ogos 28, 2004

Jum'at, 27 Agustus 2004 13:28

Pekanbaru - Tahun Depan Dibangun 9 Lantai

Pemerintah Provinsi Riau mulai berbenah bagaimana fasilitas dan Kantor Gubernur Riau jadi mentereng dan megah. Tak tanggung-tanggung, tahun 2004 ini Kantor Gubernur Riau akan direnovasi berat dengan anggaran sebesar Rp10 sampai Rp14 miliar. Renovasi interior ini diusulkan dalam ABT (anggaran biaya tambahan) 2004. Sedangkan pada tahun 2005 nanti, Kantor Gubri akan dibangun menjadi sembilan lantai dengan dana Rp60 miliar, dan akan menjadi termegah di Sumatera.

“Tahun ini renovasi Rp10 M sampai Rp14 M. Sedangkan tahun depan melalui APBD Riau murni akan dibangun Kantor Gubri baru sembilan lantai dengan nilai yang cukup besar mencapai Rp60 miliar,” kata Kepala Biro Perlengkapan Setdaprov Riau, Raja Indra Bangsawan, Kamis (26/8) kepada Riau Mandiri di ruang kerjanya.

Menurut dia, jika anggaran ini disetujui DPRD maka mulai Oktober 2004 renovasi bangunan akan dimulai. Yang akan direnovasi adalah gedung utama terdiri atas tiga lantai yaitu penataan ulang dalam kantor gubernur. Jadi mulai dari gubernur, wakil gubernur, sekda, asisten, dan biro untuk sementara waktu renovasi pindah ke gubernuran, jelasnya.

Ia katakan, renovasi kantor Gubri memang sudah selayaknya dilakukan karena bangunan ini sudah berusia 27 tahun. Sehingga melihat kondisi bangunan dan interiornya sudah wajar untuk direnovasi.

Setiap tahun itu pasti ada renovasi tapi dengan jumlah yang kecil seperti satu atau dua miliar rupiah. Namun untuk selanjutnya pasti ada lagi yang direnovasi seperti toilet atau ada yang bocor. Daripada demikian maka diusulkan untuk renovasi interior sehingga benar-benar bagus dan sesuai dengan perkembangan mode, paparnya.

Anggaran sebesar Rp14 miliar ini diperuntukkan meubiller, AC sentral, keamanan, pemadam kebakaran, dan telepon. Saat ini pihaknya sudah mempersiapkan desain interior dari konsultan Jakarta.

Indra membantah ketika disebutkan renovasi kantor ini sekedar gagah-gagahan. Sebab, menurutnya jika dibandingkan dengan Kantor Gubernur Jambi atau Sumatera Utara jauh tertinggal.

Ketika ditanyakan bagaimana dengan proses pengerjaannya apakah ditender atau PL (penunjukan langsung), Indra hanya menyebutkan semua disesuaikan dengan prosedur yang berlaku. Namun ditegaskannya, pada akhir tahun ini renovasi kantor sudah harus tuntas.

Sedangkan tahun depan, sambung Indra, akan diusulkan pembangunan gedung baru dengan sembilan lantai di samping kanan perkantoran Gubri. Diperkirakan untuk pembangunan ini akan menelan dana sampai Rp60 miliar.

“Gedung ini nantinya akan diperuntukkan bagi dinas-dinas atau kantor lainnya, sehingga nantinya komplek kantor gubernur ini lengkap. Misalnya kantor dinas atau badan yang masih jauh di Panam akan dipindahkan ke gedung yang baru ini,” katanya menjelaskan. (yp)