Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Tsunami Aceh: Awasi Penipuan

Written By Syafrein Effendiuz on 15/01/05 | Sabtu, Januari 15, 2005

Jumat, 14 Januari 2005 18:58:00
Penipuan dengan Dalih Minta Bantuan untuk Korban Tsunami Aceh


Bekasi-RoL-- Lama menjadi pengangguran, membuat Ahmad Jundi (22 tahun) nekad melakukan penipuan. Hal ini dilakukannya dengan memanfaatkan bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh.

Ahmad Jundi melakukan penipuan dengan mengaku-ngaku sebagai mahasiswa Universitas Terbuka (UT). Kemudian ia berkeliling untuk meminta bantuan kepada warga di Jalan Siliwangi, Narogong, Bekasi Timur. Bantuan tersebut ia katakan akan diberikan bagi korban gempa dan tsunami di Aceh.

Untuk meyakinkan warga setempat, dalam aksi tersebut ia mengenakan jaket almamater Universitas Terbuka. Masyarakat yang merasa terusik dan curiga dengan aktivitas tersangka, kemudian melaporkan tindakan tersebut ke Polsek Bekasi Timur.

Mendapat laporan tersebut, petugas langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Petugas pun lantas membawa dan mengamankan tersangka. Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti berupa uang sebesar Rp 96.500 dan sebuah jaket almamater.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Bekasi Timur, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sambodo, membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap aksi penipuan yang berkedok bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Aceh.

Sambodo juga mengatakan bahwa aksi pengumpulan bantuan tersebut seharusnya mendapat ijin dari Dinas Sosial. Ia pun berharap Dinas Sosial dapat lebih menertibkan aksi-aksi tersebut. c26