Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Paus Yohanes Paulus II meninggal dunia: 1 bilion penganut Katholik berdukacita

Written By Syafrein Effendiuz on 3/04/05 | Ahad, April 03, 2005


POSTER SRI PAUS: Dua orang pekerja sedang memasang sebuah poster Paus Yohanes Paulus II yang berukuran besar di sebuah menara Bali kota Krakow, Polandia. Copyright © 2005 Media Indonesia Online. All rights reserved.
Minggu, 03 April 2005 07:59 WIB
INTERNASIONAL

Roma Siap Tampung Satu Juta Orang yang Berduka untuk Paus

ROMA--MIOL: Pemerintah Roma menambah transportasi, akomodasi dan layanan darurat untuk menerima sebanyak satu juta peziarah saat Paus John Paul II dalam keadaan kritis di ambang kematian, kata pejabat Sabtu.
Ratusan umat Katolik yang terbang menuju bandara Fiumicino Roma diminta untuk langsung ke Kota Vatikan, tempat paus berusia 84 tahun itu terhanyut antara sadar dan tidak sadar.
Seluruh Roma "memeluk paus dengan kasih-sayang khusus, dari pembersih jalan, hingga operator trasnportasi, hingga walikota yang semuanya ingin membantu kedatangan orang yang ingin berdoa untuknya," kata walikota beraliran kiri-tengah kota itu, Walter Veltroni.
Laporan radio Italia mengatakan pemerintah memperkirakan sebanyak satu juta orang yang berduka ketika paus, yang adalah uskup Roma, meninggal.
Veltroni membatalkan pekerjaan yang telah dijadwalkan di salah satu dari dua jalur metro Roma dan meningkatkan dengan 25 persen jumlah bus dari stasiun kereta api penting itu ke Lapangan St. Peter.
Bus transit khusus juga telah direncanakan.
Ratusan toilet yang mudah dipindahkan akan didirikan di sekitar Vatikan, yang berada di pusat ibukota Italia, dan seluruh rumah sakit di Roma telah disiagakan. Berbotol-botol air akan dibagikan pada peziarah, kata pemerintah.
Ini bukan pertama kalinya pemerintah setempat mengalami dan menangani kerumunan besar massa di Vatikan, kata Vetroni. Ratusan ribu orang menghadiri upacara penyucian, termasauk pendiri Opus Dei, orang Spanyol Josemaria Escriva de Balaguer.
Dua tenda raksasa untuk menyambut peziarah akan didirikan di kota itu, satu dekat Vatikan, dan lainnya di dekat forum Roman dan Colosseum.
Balai kota itu juga mempersiapkan 5.000 tempat tidur di pusat pameran Roma, dan 1.500 yang lain di pusat pelatihan perusahaan kereta api nasional.
(AFP/Ant/Ol-1)