Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Gus Dur Rajin Olahraga Keliling Ponpes

Written By Syafrein Effendiuz on 31/12/09 | Khamis, Disember 31, 2009

JAKARTA - Semasa hidupnya, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur rajin berolahraga setiap pukul 05.30 WIB. Namun, menurut tetangganya, sudah dua bulan belakangan ini mantan Presiden RI itu tidak lagi melakukan rutinitasnya itu.

“Kebiasaan beliau kalau lagi sehat biasanya olahraga jam setengah enam pagi. Olahraga selama satu-dua jam. Olahraganya ya berjalan kaki dengan tongkat, berkeliling pondok pesantren, ya pokoknya berjalan di sekitar pemukiman sini,” ungkap Erna, tetangga Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (31/12/2009).

Erna menambahkan, setiap berolahraga Gus Dur selalu ditemani oleh pengawal sedikitnya lima orang.

“Jarang saya lihat Mbak Yenny menemani ketika olahraga. Ya biasanya hanya pengawalnya saja atau dari pondok pesantren. Terakhir kali beliau olahraga itu sekitar dua bulan yang lalu, cukup lama beliau tidak olahraga mungkin karena kesehatannya,” papar dia.

Kesan Erna terhadap Gus Dur, menurutnya pria kelahiran tahun 1960 itu baik dan ramah kepada siapa saja. Saat berolahraga, dia tak segan menegur warga yang kebetulan melintas di depannya.

“Tapi kalau dengan warga yang perempuan jarang ya bersapa, tapi kalau sama laki-laki pasti iya. Setiap ada pengajian di rumah, pasti beliau mengundang seluruh warga sini. Ketika lebaran atau ada syukuran pasti beliau memberikan uang untuk anak-anak kecil di sini,” jelasnya.

Erna bahkan ingat, hal terakhir yang dilakukan Gus Dur kepada warga sekitar rumahnya yaitu setelah pulang dari Jombang, semua warga diberikan bubur merah dan putih.

“Mungkin meminta doa kepada warga agar operasi atau cabut giginya bisa berhasil. Ya kalau sekarang ini nggak ada Gus Dur pasti rumahnya akan sepi, karena kalau ada beliau rumahnya pasti banyak dikunjungi tamu,” pungkas Erna.

Sumber: Okezone untuk tujuan dokumentasi. Pautan:Syafrein.com, Dompas Network, Guided-Info.com, Munakahat, Artikel Sentral, Catatan Sekilas, Perkahwinan, NikahKahwin.Co.Cc, Tokoh, Usahawan Maya, Cyber Ilmu, Riau, Banners to click!, My Biz Online.

0 ulasan: