Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Written By Syafrein Effendiuz on 11/09/04 | Sabtu, September 11, 2004


Iwan Fals: Jadi Ayah Baru (Lagi)
Jakarta, KCM


Iwan Fals (41) sedang beristirahat dari pertunjukan-pertunjukan yang digelar di luar stasiun-stasiun televisi. Hal itu diinformasikan oleh salah satu staf manajemennya, Titin, ketika dihubungi oleh KCM pada Kamis (30/1) siang. Artis musik besar tersebut ingin lebih banyak menghabiskan waktunya bersama Rayya Rambu Robani. Siapa Rayya?
Rayya baru hadir dalam kehidupan Iwan dan istrinya, Rosanna (42) yang biasa dipanggil Yos. Bayi lahir dari kandungan Yos dengan selamat dan sehat di Rumah Sakit MMC, Jakarta, pada 22 Januari 2003, pukul 21.00 WIB dengan bantuan bedah caesar. Ungkap Titin, yang dikontak KCM melalui telepon kantor manajemen Iwan di Desa Leuwinanggung, Cimanggis (Bogor), operasi caesar tersebut dilaksanakan atas anjuran dokter kandungan Yos, karena Yos sudah masuk ke usia berisiko untuk melahirkan secara alamiah.

Kata Titin lagi, menjelang persalinan, Yos mulai menginap di RS MMC pada 22 Januari, karena --sesuai rencana dokternya-- bedah caesar bakal dilakukan pada 23 atau 24 Januari. Namun, dari pemeriksaan pada hari itu (22/1), diketahui bahwa posisi bayi Yos sudah di jalan lahir. "Akhirnya dokter mempercepat pelaksanaan operasi caesar itu, jadi pada hari itu juga," papar Titin.
Rayya adalah anak keempat Iwan dan Yos. Putra pertama, Galang Rambu Anarki, meninggal pada 1997 dalam usia 15. Anak kedua, Annisa Cikal Rambu Basae, kini berumur belasan. Anak ketiga sempat hidup dalam rahim Yos, tapi kemudian Yos mengalami keguguran.
Di rumah mereka di Desa Leuwinanggung, Yos, Iwan dan Cikal merawat Rayya tanpa bantuan baby sitter. Ketika KCM menghubungi Yos lewat telepon genggamnya, ia belum bisa menjawabnya lantaran sibuk mengurus Rayya.
Demi menikmati hari-harinya mengulang lagi perannya sebagai ayah seorang bayi, Iwan untuk sementara waktu tidak memenuhi permintaan manggung di dalam dan luar Jakarta, kecuali yang diadakan di stasiun-stasiun televisi di Jakarta. "Belum tahu sampai kapan. Paling, tidak, sesudah bayinya berumur 40 hari, Mbak Yos baru bisa aktif lagi sebagai manajer Mas Iwan dan membicarakan kegiatan-kegiatan Iwan selanjutnya," tutur Titin.
Walaupun demikian, Iwan dan grupnya tetap menjalani latihan rutin seminggu empat kali, dari Senin hingga Kamis. Syukurnya, studio musik tempat mereka berlatih ada di lantai bawah kediaman Iwan. Jadi, kalau kangen kepada Rayya, Iwan tinggal datang ke kamar Rayya di lantai atas. (Ati)