Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Pages

Etnis Tionghoa Gelar Doa untuk Gus Dur

Written By Syafrein Effendiuz on 31/12/09 | Khamis, Disember 31, 2009

SEMARANG - Puluhan warga etnis Tionghoa di Semarang, Jawa Tengah, siang tadi menggelar doa bagi almarhum Abdurrahman Wahid atau akrab dipanggil Gus Dur. Doa yang dipimpin oleh Thio Tiong Gie tersebut dilaksanakan di Kelenteng Besar Tay Kak Sie Gang Lombok Semarang.

Puluhan warga etnis Tionghoa nampak khusuk menaikkan doa bagi arwah Gus Dur. Beberapa dia ntara mereka bahkan ada yang berlinang air mata. Ya, perasaan kehilangan orang yang sangat dicintai begitu kentara dalam doa di Tay Kak Sie.

Di depan altar dengan disertai ucapan doa dan kepulan asap dupa, warga etnis Tionghoa menunjukkan bagaimana mereka kehilangan tokoh yang sangat dicintainya. Suasana duka semakin kentara karena di depan bangunan kelenteng terpasang juga bendera merah putih setengah tiang.

"Kami sungguh merasa kehilangan seorang bapak bangsa sekaligus guru yang seharusnya dicintai oleh semua orang yang mengenal arti kebenaran, kebaikan dan keadilan," jelas Aris Pramadi, Sekretaris Yayasan Kelenteng Besar Tay Kak Sie.

Aris mengatakan warga Tionghoa tidak bisa melupakan jasa-jasa dan kebaikan Gus Dur. Dia berharap seluaruh anak cucu tidak melupakan jasa Gus Dur. "Bagi kami, Gus Dur adalah orang yang gagah berani memberikan kesempatan bagi etnis Tionghoa yang juga adalah warga negara Indonesia untuk bersama-sama membangun negara," katanya.

Jasa Gus Dur bagi etnis Tionghoa dalam memberi kebebasan juga dipandang Aris sebagai hal yang sangat berarti dan tidak boleh dilupakan. "Almarhum juga telah memberi kebebasan bagi etnis Tionghoa sehingga dapat bersembahyang, melakukan ritual sesuai agama kami dan juga boleh berbahasa mandarin," papar Aris Pramadi.
(mbs)

Sumber: Okezone untuk tujuan dokumentasi. Pautan:Syafrein.com, Dompas Network, Guided-Info.com, Munakahat, Artikel Sentral, Catatan Sekilas, Perkahwinan, NikahKahwin.Co.Cc, Tokoh, Usahawan Maya, Cyber Ilmu, Riau, Banners to click!, My Biz Online.

0 ulasan: